Aku Ingin Menulis

Aku ingin menulis, menulis saja. Terus, tanpa terlalu banyak peduli. Tanpa terlalu banyak berpikir. Tanpa terlalu banyak menatap ke belakang. Terus hingga waktu berlalu di belakang punggungku tanpa suara. Terus hingga pagi yang bising beranjak jadi malam yang lelah. Dan terus kalau perlu hingga jari-jariku patah.

Aku ingin menulis, menulis saja. Tanpa perlu berpikir, pentingkah? Tanpa perlu bertanya, perlukah? Bebas berlari sepanjang cakrawala imajinasi. Terus terbang tanpa terikat gravitasi. Mengawang dan tak peduli walau tak bisa kembali.

Aku ingin menulis, menulis saja. Tentang apa saja. Tentang yang luhur dan yang durjana. Tentang yang penting dan yang terlupa. Tentang kisah rumput-rumput yang terinjak. Tentang senandung daun yang gemeretak. Tentang elegi gentong-gentong plastik yang retak. Tentang cahaya yang menerobos jendela. Tentang keramik dingin yang menyimpan cerita. Sombong sekali untuk berkata, ini penting dan itu tidak, ini perlu ditulis dan itu ditulis buat apa? Semua yang ada di sini ada maksudnya. Tuhan tidak sedang bercanda ketika merancang ini semua.

Aku ingin menulis, menulis saja. Di hari hari yang cerah dan berhujan. Di hari-hari di mana panas terik menjerat. Di hari-hari di mana dingin memeluk tubuh terlalu erat. Ditemani peluh dan air mata. Disambut tangis atau sorakan gegap gempita. Di tengah keramaian orang-orang dan di tengah senyap tanpa suara.  

Aku ingin menulis, menulis saja…

Menulis saja…

Bebas. Bebas. Bebas. Tanpa menyalahkan terlalu banyak hal yang tidak ada hubungannya. Menulis, menulis saja.




*dibuat pada pelatihan menulis PSYCHO AHA 2011, 14-15 Mei 2011, Rancaekek oleh Vera F. Maharani*

Comments

  1. sehabis baca ini, sueeeerrrrr saia langsung jatuh cinta sama anda...
    mantrab daaaaahhhh.....
    :*

    ReplyDelete
  2. maaf tanpa ini seblmnya saia ngeshare catatan ini yah...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih. Saya senang kalau ada yang senang dengan tulisan ini. Silakan kalau mau di-share :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Der Erlkoenig (The Elf King), A Poem By Johann Wolfgang von Goethe

Sentimental Hours

Day #1 : 10 Things That Makes Me Happy (PART 2)