Feel Good Monday Project #1 : The Beginning


What is Feel Good Monday Project?
Well, Monday is a particularly grim day for me, what with the meeting with my thesis reviewer lecturer and all the confusions and revisions that ensue. Kayaknya perlu bikin sesuatu yang membuat saya nggak lagi berpikir, "Oh, dreaded, dreaded Monday....I'm dead." setiap Senin mendekat. Untunglah nggak perlu mikir untuk waktu yang lama, karena buat saya writing always is my favourite form of therapy.

Jadi untuk seterusnya dalam proyek ini, saya akan menuliskan 5 (atau mungkin lebih) hal yang membuat mood saya up up up selama seminggu terakhir. Bentuknya bisa bermacam-macam; bisa kegiatan, wewangian, lagu, absolutely anything!

Buat apa sih kamu melakukan semua ini Ver? Itu proyek skripsi belum beres! You haven't viciously edited your novel-to-be! Terus proyek nulis lainnya pun...masih...pffft. Well...

1. Keeping track of my moodbooster! 
Terkadang kita cuma butuh diingatkan lagi bahwa ini bukan kejadian paling buruk yang pernah menimpa kita lho. Kita pernah mengalami yang lebih parah daripada ini, mungkin, dan kerennya kita udah berhasil melewatinya! Kita tinggal ingat-ingat lagi, hal apa aja sih yang dulu membantu kita melewati momen-momen haseum tersebut? Iya usaha, iya doa...juga pernak-pernak kecil yang dulu bisa membuat mood kita cukup baik untuk tetap berusaha-berdoa... mungkin bisa bantu kita lagi!

2. Giving me something to look forward to!
Biar Senin nggak lagi jadi hari "Suram Serem" berkat pada hari yang sama saya bimbingan skripsi. Senin adalah hari di mana saya menjalani terapi kebahagiaan saya. Dan sambil nunggu Senin...saya harus tetap buka mata-buka telinga- buka pikiran terhadap hal-hal yang mungkin aja bisa bikin saya bahagia dan pantas ditulis di sini. Sejauh ini ya....mikirin hal itu aja bikin semangat saya jalan-jalan ke langit, hehehe.

3. And...maybe YOU can take something from these posts too!
Iya kita unik, iya kita punya selera masing-masing...tapi apa yang membuat seseorang bahagia, mungkin bisa membuat orang lain bahagia juga. Kalau ada yang mau berbagi rahasia kebahagiaan kecil versi dirinya, boleh bangeeeet, saya juga mau coba

Judging from the title of the post, it is to be expected to see my posts on Monday. So, why am I writing this on Wednsday? Karena ini posting pertama, harus beda dong. Ahahaha.

So, without further ado (it's already far enough...haha)...what makes me a little bit hyper these days?

1. Jasmine and White Frangipani Home Fragrance

These cuties! Absolutely my favourite home fragrance
...atau kalau dialihbahasakan, wangi melati dan kamboja. Iya terdengar agak Suzanna sih, mistis-mistis gimana gitu.

Menurut www.your-aromatherapy-guide.com wangi aromaterapi melati berguna untuk menenangkan syaraf; meningkatkan optimisme dan energi; mengurangi kecemasan dan ketakutan; membantu mengatasi sakit dan kaku otot, sementara itu wangi kamboja berguna untuk menyegarkan (and give you quite a chill. Nggak kok, nggak ada yang bakal datang...kecuali kalau mungkin beberapa saat setelah mencium wangi ini kamu mendengar suara cewek ketawa, hahaha.)

Saya menggunakan wewangian dari The Body Shop . Selain wanginya mencuri hati, saya juga terkesan dengan filosofi perusahaannya yang ramah lingkungan dan mempromosikan woman power. Jadi walaupun buat mahasiswi kere kayak saya ini wewangian agak pricey pricey, the feel-good aura it produces...that was all worth it.

Oh, satu lagi alasan yang membuat saya memilih wewangian ini dibandingkan wewangian lain. Wewangian ini membuat kamar saya terasa seperti Abandoned Garden-nya Michael Franks.



The jasmine climbs the trellis fragrantly, the jacarandas ultravioletly sways
...
the hummingbirds still hover for the scent frangipani, so seductively displays
(Abandoned Garden, Michael Franks)

2. Cool websites to aid you in personal development and goal-achievement!
Sekarang ini saya sedang berusaha memperbaiki hidup (ciyeee). Supaya hidup lebih baik, kita harus mengembangkan kebiasaan baik juga kan ya. Nah, di jagat maya ini, ada beberapa situs yang bisa membantu kita untuk itu.

a. Habitforge.com
Dikembangkan berdasarkan pemikiran bahwa kebiasaan dapat ditumbuhkan jika kita melakukan hal yang sama secara konsisten selama minimal 21 hari.

Cara kerja Habitforge sederhana banget. Masukkan kebiasaan yang mau kamu kembangkan di sini. Misalnya : Bikin satu puisi setiap hari. Nanti Habitforge akan ngirim e-mail setiap hari, pada jam yang kamu tentukan, untuk ngecek apakah kamu berhasil nulis satu puisi setiap hari? Kamu bisa klik 'Yes' atau 'No' pada e-mail tersebut, nanti Habitforge akan merekam jawaban kamu. E-mail ini akan terus dikirim selama 21 hari. Kalau ada satu hari aja yang kelewat, maka hitungannya bakal balik lagi ke awal.

Di Habitforge kamu juga bisa gabung sama komunitas orang-orang yang punya target menanamkan kebiasaan mirip sama kamu, serta saling dukung supaya anggota komunitas berhasil dengan target masing-masing. Belum pernah coba fitur ini, tapi kayaknya asyik ya. Manifestasi dari saling mengingatkan dan menolong dalam kebaikan gitu, hehe.

Sayang, Habitforge versi free cuma memungkinkan kita merekam satu kebiasaan setiap kalinya. Kalau kita memilih versi berbayar, baru deh kita bisa masukin sebanyak mungkin kebiasaan...serta fitur lainnya yang nggak saya baca sampai tuntas da saya mah nggak akan pilih versi berbayar, hahaha. Saya nggak punya kartu kredit atau PayPal dan males bikin itu...bisi malah jadi ringan beli-beli barang lain di internet yang mungkin nggak seberguna Habitforge, hahaha.
 
b.  Commitie.com
Alamat situsnya merupakan permainan dari kata 'Commitee'. Dalam situs ini kita bisa merekam komitmen kita dalam beberapa kategori, misalnya Spirituality, Sustainability, Learning, Productivity , Hygiene, dan lain-lain. Misalnya dalam kategori Sustainability saya berkomitmen untuk "Membawa reusable bag setiap kali belanja". Setiap kali kamu berhasil melakukan komitmen tersebut, kamu bisa login ke Commitie dan merekam keberhasilan kamu.

Tampilan Commitie saya pas baru gabung
dan mengenai kebiasaan-kebiasaan itu...ehem...100% real.

Kerennya Commitie, mereka punya beberapa tahapan achievement yang bisa di-unlock kalau kamu sudah melakukan komitmen kamu dalam jumlah tertentu. Kamu juga bisa menentukan sendiri target kamu, kalau memang mau. Terus mereka juga punya klasemen untuk setiap kategori. Kita bisa melihat siapa sih user yang paling berkomitmen dalam suatu kategori dan kita juga bisa ngasih semangat sama user yang pemenuhan komitmennya masih keteteran. Juga nggak ada 21 hari-21 harian di Commitie. Satu lagi kelebihan yang bikin timbangan kebaikan Commitie langsung berat di neraca saya adalah : It's absolutely free!

Sayang banget, Commitie nggak mengirim e-mail pengingat setiap jangka waktu tertentu, padahal saya udah langganan Daily Feed-nya. Jadi kadang-kadang suka lupa untuk log in dan merekam keberhasilan. Seandainya ini diperbaiki...I'm going to love Commitie for a lifetime. Possibly two. Hahaha.

Satu lagi situs yang bikin mood up up up buat saya adalah writersrelief.tumblr.com. Ini bukan habit forming website. Seperti namanya, ini adalah website yang inspiratif banget buat penulis. Banyak gambar-gambar keren yang terkait dengan literatur, proses menulis, penerbitan, dan lain-lain. Banyak tautan ke situs lain yang bisa membantu dalam proses menulis juga. I seriously considered to sign up for tumblr just so I could reblog a lot of content from Writer's Relief, hahaha.

3. Seatbelt!
Nggak paham banget sama orang-orang yang pake seatbelt kalau liat polisi di kejauhan doang. Ini perangkat standar keselamatan saat mengemudi lho. Terus berasa anggun banget gitu, saat seatbelt merentang di depan tubuh kita dan membuat tulang punggung kita berada dalam posisi yang tegak.

Sometimes I wish that even regular chair has seatbelt so I can...you know...improve my posture. Hahaha.

I HEAR YOU, SEOHYUN!
(credits : Soshified)

credit : omonatheydidn't

4. Bayern Muenchen win contra Juventus FC! Mia San Mia!
Saya mungkin nggak seperti teman saya Latifa Nurhidayati yang penggemar MU sejati sampai hafal stats klub tersebut dan tahu berapa plat nomor mobil Paul Scholes. I'm guilty of jumping into bandwagon for several clubs (contohnya, tiba-tiba jadi fans Chelsea pada saat Michael Ballack pindah ke sana. I even make a scrapbook for him... hahahaha dasar!).

 
credit : @FCBayern



Satu-satunya klub yang lekat di hati adalah...Bayern Muenchen FC. Iya memang pertama kalinya suka itu gara-gara FCB adalah klub Jerman (no need to state that I'm a Germanophile? Well, I state it anyway) dan di sana ada Oliver Kahn (he may be a little bit scary and temperamental, but his performance in World Cup 2002 put me in awe. It's so sad he couldn't block Ronaldo's goals in the final match, though). Cinta itu berlanjut, saya kan orangnya setia (eh? hahaha)

Dulu waktu SMA sering bercandaan sama Ditta, nggak apa-apa deh nanti udah gede jadi tukang gunting rumput juga, asal gunting rumput di Allianz Arena. Terus langsung diralat, karena nggak elit gitu kan udah susah-susah belajar, gedenya jadi tukang gunting rumput? Kita mau jadi physio aja, tapi kerjanya di Allianz Arena. Sekarang sih Ditta bisa jadi physio atau dokter klub gitu, dia kan kuliah kedokteran di Jerman. Saya nggak bisa jadi physio da nggak belajar kedokteran, tapi menjadi sport psychologist masih merupakan pilihan karier yang saya pertimbangkan.

Tetap ya, kerjanya di Allianz Arena. Hahaha. 

Semacam tempat kerja impian.
credit : wikiarchitecture

Nah, berhubung saya sok sibuk, saya jadi jarang ngikutin perkembangan Bayern Muenchen. Baru sekarang-sekarang ini nonton dan ngikutin lagi... dan Alhamdulillah, Bayern Muenchen lagi bener-bener bagus performanya. Bundesliga Meister...dan di Liga Champion kemarin mereka menang lawan Juventus!
SUPER BAYERN SUPER BAYERN HEY HEY!
credit : getty images. Taken from huffingtonpost.com
Selanjutnya di semifinal Bayern akan berhadapan dengan Barcelona. Agak tegang....hahaha, tapi Bayern pasti bisya bisya bisyaaa!

I predict the final match will be Bayern vs Madrid, which will end with Bayern's victory. AAMIIN BANGET YA ALLAH!


5. Act in a GREEN way!
No, not in my friend Crystal Green's way, although I admit she has quite a cool scary-stepmotherly way in doing many things, particularly in treating sick person.

Crystal Green
cuma pengen masang fotonya aja di sini, HAHAHA


Ini maksudnya, melakukan banyak hal dengan mindset CINTA BUMI . Kesadaran penuh bahwa kita harus hidup harmonis dengan alam dan jadi khalifah yang baik buat bumi. Hal ini bisa dilakukan dengan kebiasaan-kebiasaan kecil lho. Sejauh ini yang Alhamdulillah berhasil saya lakukan adalah

1. Buang sampah pada tempatnya. Pisahkan sampah organik dan non-organik! Ini paling dasar, diajarkan dari zaman Ramses main karambol. Ironisnya, banyak banget yang susah mengikuti anjuran mulia ini. Well yeah, mulai dari diri sendiri dulu, terus sebarkan ke teman-teman dekat. Karena sesungguhnya menenteng-nenteng sampah sampai nemu tempat sampah lebih terhormat daripada membuang sampah sembarangan. Terus kalau nanti kota udah berjubelan sampah, ribut deh semua orang nyalah-nyalahin pemerintah. Zzzz....
2. Bawa tumbler/tempat minum sendiri! Dengan demikian, kita mengurangi sampah plastik. Nggak usah juga buang-buang duit buat beli air mineral kemasan. Sekalian juga mengurangi pembelian minuman 'berasa-rasa' kayak teh atau kopi kemasan. Selain kemasannya itu nambahin sampah, dalam jangka pendek nggak bagus buat dompet dan dalam jangka panjang nggak bagus buat ginjal. Jadi sampah berkurang, ginjal tenang, dompet riang! Win Win WIN solution!


3. Tolak kantong plastik saat berbelanja, gunakan reusable bag sebagai gantinya!  Bahkan plastik biodegradable  butuh waktu 2-3 tahun untuk terurai. Itu kalau dibuang ke tanah lho, nah kalau ke laut? Nggak bagus dilihat dan membunuh makhluk-makhluk laut yang mengira itu makanan. Idih, naudzubillah.

Jadi daripada nenteng kantong keresek saat belanja, mending nenteng reusable bag kan? Lagian kantong keresek tuh nggak ada cantik-cantiknya banget. Beda dengan reusable bag, kita bisa pilih desainnya sesuai selera. Seratus persen lebih cantik dan nature-friendly daripada kantong keresek.

Sekarang lagi gencar kampanye #SayNOtoPlastic dan #PayForPlastic. Mungkin kamu mikir, idih, nanaonan plastik aja mesti bayar. Guess what, THAT'S THE POINT. Kalau buat kantong keresek kecil aja mesti bayar, kita akan mikir-mikir lagi buat memakai itu dan akhirnya penggunaan kantong plastik pun berkurang! Nggak usah khawatir, kita kan bisa beralih ke reusable bag yang stylish dan fashionable itu.

Kalau kamu mendukung kampanye ini, kamu bisa tanda tangan petisi di sini : PayForPlastic
Naudzubillah...
That's it, my written-on-Wednesday Feel Good Monday!
What's yours? :)

Liebe Grusse,
deine Vera

Comments

  1. Terlambaaat Mut, aku udah keburu GR! Hihihi.

    Sebenarnya enakan pake Habitforge, seandainya ngga bayar *sigh*, Pengingat dari situs itu benar-benar penting (buat aku sih) soalnya jadi suka lupa buat login kalo lagi OL. Tapi user interface dari Commitie memang lebih menarik sih, hehehehehe

    It's cool that we risk being looked as weird for greater purpose, right? I'd take that any time, thank you :)

    Iya, tunggu aja novel aku di toko buku kesayangan anda ya, hahahahaha *dilempar sendal *tapi amin.

    Makasih blogwalkingnya ya Mut, ayooo bikin Feel Good Monday versi kamu sendiri! Muehehehehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Der Erlkoenig (The Elf King), A Poem By Johann Wolfgang von Goethe

Sentimental Hours

Day #1 : 10 Things That Makes Me Happy (PART 2)