Prokrastinasi : I'm postponing my life

Halo! C'est moi, Vera.

Sekadar pemberitahuan saja, sekarang sudah melewati ambang batas hari. Sekarang hari Senin. Bukan hari Minggu lagi (tentu saja). Weekend telah mulai dan weekdays nan panjang telah dimulai.

Senin. Senin. SENIN (Iya, berisik Ver, semua orang juga tahu ini hari Senin *mental slap*)

Saya bukan jenis orang yang biasa angguk-angguk saja soal stereotype mengenai hari. Malam Jumat Kliwon adalah malam paling horror...hmm, berhubung saya sering nggak sadar kapan itu malam Jumat, apalagi yang Kliwon, kayanya nggak ada bedanya sama hari-hari lain. Malam minggu adalah waktu Indonesia bagian galau...Nope, saya galau (dalam pengertiannya yang terdistorsi namun menggejala pada kawula muda) hampir pada setiap waktu kok. I hate Monday...nggak juga, toh banyak hal yang menyenangkan pada hari Senin. Pada hari Senin saya bisa ketemu sama banyak orang yang saya sayang. Bisa ketemu sama romantic interest mata kuliah-mata kuliah yang mengasyikkan untuk dipelajari. Bisa menikmati dinamika kesibukan, because the weariest man (or woman) in the world is a man (or woman) who has nothing to do, right?

Namun itu dulu, ya. Pas saya masih rajin. Hahaha. Sekarang...saya masih suka nggak sadar kapan itu malam Jumat (apa lagi yang Kliwon), masih menggalau tak terbatas pada malam Minggu...tapi soal hari Senin...

Well, I don't hate Mondays. I'm just not really excited about its existence, haha.

Prokrastinasi : memilih untuk joget gurita daripada mengerjakan tugas
Saya menyalahkan 'prokrastinasi' atas ketidakminatan saya yang parah akhir-akhir ini terhadap hari Senin. Karena keberadaan hari itu, saya jadi mesti ngebut...well, okay, nggak terlalu ngebut sebenarnya...ngerjain tugas yang saya tumpuk-tumpuk selama seminggu. Apa lagi di hari Senin ada deadline metpen, mata kuliah ajang penggodokan si bakal calon skripsi yang manis dan insya Allah akan mengantar saya pada gelar S.Psi, cumlaude lagi (amin).

Almost all of my life, I've been a deadliner. Bahkan saya suka bikin joke (yang nggak lucu. You have been warned.) mengenai sifat buruk saya ini : Vera adalah orang sakti, because even after DEADline, I'm still alive. Ya, buat orang sakti/sakit yang satu ini, semakin mepet deadline, semakin prestasi. Maksud saya, keren banget kan, tugas yang orang lain selesaikan selama dua hari, bisa saya selesaikan dalam satu jam. Di Damri pula (atau di Bus Bandung Cirebon, haha). Diprint lima menit sebelum harus dikumpulkan pula. Berasa daredevil yang nyerempet maut, hahaha.

Salah satu rasionalisasi untuk prokrastinasi itu. *facepalm*
Iya. Saya sakit. Iya.

Oke, itu rasionalisasi. Prokrastinasi bikin CEMAS YANG TERAMAT SANGAT. Karena kebanyakan hal yang saya tunda sebenarnya hal yang penting. Apa lagi kalau kamu punya sifat perfeksionis juga, prokrastinasi adalah neraka dunia. Sangat sedikit hal yang bisa kamu lakukan dengan sempurna kalau waktu yang kamu punya juga cuma sepanjang rekor lempar lembing olimpiade kutu bantal.

Terus kenapa prokrastinasi, Ver? Hadeuh...

Iya, saya yang salah, iya. Memang blog saya udah jadi semacam bilik pengakuan dosa kok, hiks.

Prokrastinasi itu racun, memang. Racun yang tololnya saya tenggak dengan senang hati buat kesenangan sesaat. Terus saya bayar dengan kekalangkabutan yang bikin pusing banyak orang.

John Lennon said "time you enjoy wasting are not wasted." Iya Om, waktunya nggak terasa terbuang. Tapi ada kesempatan yang terbuang, ada rasa lega yang tak ternikmati. Ada wajah watir teman-teman yang ngeliat saya jadi sibuk sendiri nggak jelas saat orang lain udah leha-leha. Ada wajah kecewa Bang Amir (dosen pembimbing metpen saya) yang menunggu, karena saya kan masih si anak ngotot yang pengen ngejar dapet acungan empat jempol dari beliau atas usulan penelitian saya, effort saya harusnya lebih keras dong. Tapi nyatanya anak sakit ini malah masih aja prokrastinasi...

Procrastinating means postponing my life...dan alhamdulillah hari ini saya insyaf. Insya Allah setelah ini lebih fokus untuk menggapai cita-cita...and putting aside those unimportant things I do in the name of fun.

Kamu pasti bisa, Febrina!
Ingat-ingat lagi spirit kamu di masa remaja akhir itu : "Saya tercipta bukan untuk menyerah dan menyisi dari sejarah!" 
credit picture: 
http://24.media.tumblr.com/tumblr_lxxljgvXfN1qa3y12o1_500.gif 
http://s2.favim.com/orig/33/ecards-funny-homework-lol-procrastination-Favim.com-267014.jpg
http://themetapicture.com/media/funny-procrastination-quote-yesterday-tomorrow.jpg

Comments

Popular posts from this blog

Der Erlkoenig (The Elf King), A Poem By Johann Wolfgang von Goethe

Sentimental Hours

Day #1 : 10 Things That Makes Me Happy (PART 2)