Resolusi 2014 (dan situs tongkrongan baru saya : Dayzeroproject)

Tahun baru, bulan baru, hari baru tak ada arti sama sekali bagi orang yang tak berubah jadi lebih baik (KH Abdullah Gymnastiar, @aagym, 31 Desember 2013)

Picture from here
Malam tahun baru lewat sudah. Terompet-terompet plastik macet tersumbat ludah. Malam di Cigadung kembali tenang, setelah kemarin seisi rumah mencak-mencak oleh suara petasan dan kembang api yang bikin berisiknya Cigadung nggak jauh beda sama medan perang. Seriously, if there was really a terrorist attack in my neighborhood yesterday, I wouldn't have known.

Setelah semua gebyar-gebyar itu, saya merenung apa yang tersisa. Hari-hari akan berlalu dan pada suatu titik kita mungkin akan mengeluhkan betapa membosankannya, betapa panjangnya. Sama seperti tahun-tahun yang lalu. Mungkin juga sama seperti tahun-tahun yang akan datang.

What a waste. What a meaningless feat.

Sedikit refleksi mengenai apa yang saya capai di 2013. Nailed some, missed some. Belum juga jadi sarjana tapi berdoa banget dalam waktu dekat yaaaa hahaha. Akhirnya berhasil ngumpulin keberanian untuk ngirim naskah ke penerbit dan sekarang lagi harap-harap cemas nungguin apa itu bisa diterima. Terlibat sepenuh hati dalam beberapa proyek, setengah mati dalam proyek lainnya. Bahkan dalam masalah cintasyalalasyubidupapa saya rasa ada perkembangan, baik dalam hubungan itu sendiri maupun bagaimana saya menyikapinya. Overall it's a trying year, but I learnt a lot about how to come to terms with my weakness...or how to behave when things didn't go as planned. It's kind of a relief after trying so hard to be...well, as near to perfection as possible all the time.

Sekarang waktunya menatap masa depan. What is 2014 going to be like? That's up to me, right? :)

To spice up 2014, I make some list. Ya, mungkin bisa dibilang resolusi, tapi nggak cuma itu. Saya bikin sih, resolusi dalam pengertiannya yang mainstream. Tahulah, tempat yang mau dikunjungi, skill yang mau dipelajari, hal-hal yang mau dicapai. Selain itu, ada satu list lagi yang saya bikin, yaitu "30 things to try in 2014". Ini semacam bumbu-bumbu gitu, hehe, tantangan lucu-lucu yang bikin 2014 berwarna. Mulai dari bikin chocolate moussenyobain masakan Spanyol, sampai jadi badut. Hehehe.

Untuk tracking resolusi saya yang serius maupun yang "bumbu", saya ikutan situs ini nih www.dayzeroproject.com . Apakah itu?  Let the thing speaks for itself...


Tampak depan situs Day Zero Project. Are you ready, goal setters? :D

Asyik deh, bisa tracking apa aja yang mau kita capai, kita lakukan, dsb. Interface-nya pun mudah dimengerti. Set a deadline if you wish, but if you don't want to be too committed, then don't. Berbagilah tentang kemajuan pencapaiannya dengan teman-teman di Day Zero, menggunakan notes atau foto. Rasakan kebanggaannya saat menandai tantangan itu 'done'. It's a fun way to keep doing your resolution. 

Buat yang belum tahu akan ngapain atau masih cari-cari ide yang asyik untuk dikerjain, di sana juga bisa banget buat cari inspirasi. Dari yang normal sampai wacky, ada. Dari yang gratis sampai menguras kocek, ada. Saya sendiri merasa 'jinak' setelah melihat beberapa resolusi orang lain di sana, haha. It's fun though! 

Kalau kamu sign up di sana, please do meet me. Nama akun saya veramaharani. I'll gladly meet you there! :D

So, what is your resolution? :)

P.s. Setiap saya menyelesaikan satu item dalam daftar '30 things to try in 2014' punya saya, saya akan update di sini. Sementara itu, kamu bisa mengakses daftar '30 things to try in 2014' milik saya di http://dayzeroproject.com/user/veramaharani/list/82656

0 comments:

Poskan Komentar

 

Get In Touch

Feedjit

Recently read

Princess Priscilla's Fortnight
3 of 5 stars
I got the e-book free (and legal!) from the awesome www.girlebooks.com . Go check their extensive collection of free, prettily designed e-books written by great women writers in the history, if you haven't already! The Goodreads descri...
tagged: read-on-my-go-book, warm-fuzzy-comfort-reads, and laugh-out-loud
Peaches for Father Francis
4 of 5 stars
tagged: vivid-setting and women-issues
Remarkable Creatures
4 of 5 stars
tagged: contemplative, historical-fiction, read-on-my-go-book, vivid-settin...
UnStrung
3 of 5 stars
I love reading Unwind. It might be the most thrilling dystopian fiction I have read since The Hunger Games, and it sets the bar higher eversince. The premise of Unwind is highly unlikely : Abortion is forbidden, but there is an option ...
Texts from Dog
4 of 5 stars
Warning : Don't read this at your office while you are *supposed to be* working. Seriously. Don't say I didn't warn you This book contains all sort of random, imaginary text conversation between a bulldog called Dog (or Master Woofin...
tagged: laugh-out-loud and pics-tell-everything

goodreads.com